www.artikelweb.co.cc

Kamis, 21 Agustus 2008

Hal-Hal Yang perlu Diperhatikan Dalam Membuat BLoG


Blog merupakan suatu halaman web dimana si pemilik blog dapat menuliskan apa saja yang mau ia tuliskan. Blog singkatan dari web log, biasanya sifat dari blog mengarah pada hal-hal yang bersifat pribadi atau menggambarkan dari si pemilik blog tersebut.

Saat ini blog banyak digunakan oleh orang (pemilik blog) untuk saling berbagi informasi, berjualan, atau sekadar menaruh tulisan mengenai segala hal yang ingin dituliskan oleh pemilik blog.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum anda menulis atau membuat blog yaitu :

  1. Pastikan tujuan anda membuat blog, banyak diantara pemilik blog yang tidak mengerti tujuan dirinya membuat blog. Hal ini membuat banyak pemilik blog hanya membuat blog secara instant tanpa menuliskan informasi atau artikel dari pemilik blog. Tetapkan tujuan anda dalam sebelum membuat blog contoh anda ingin mempromosikan bisnis anda atau anda membuat blog untuk mempublikasikan tulisan2 , karya ilmiah anda,dll
  2. Perhatikan Isi dari blog anda. Banyak pemula yang bingung apa yang harus diisi setelah mereka membuat blog. Isi dari blog itu tergantung tujuan semula anda membuat blog. apakah untuk diisi oleh puisi, teks lagu atau hobi dan keahlian anda sendiri. Usahakan agar blog anda memberikan informasi yang cukup menarik bagi pembacanya.
  3. Setelah anda mengisi blog anda, lakukan posting secara konsisten sehingga para pembaca blog anda selalu mendapatkan informasi atau artikel yang terbaru dari anda. Hal ini membuat para pembaca blog anda akan selalu setia mampir ke blog anda.

Setelah anda membuat blog dan melakukan posting rutin pada blog anda maka selanjutnya adalah melakukan apa yang disebut "promosi blog". Undanglah para blogger lain untuk berkunjung ke blog anda melalui milis, memberikan komentar atau masukan pada blogger lain atau mengiklankan blog anda pada penyedia jasa iklan dan blog yang memang trafficnya sudah tinggi.

Kemudian tingkatkan kualitas blog anda dengan cara melakukan riset dan re-check dengan blog lain sehingga anda dapat menilai apa yang kurang dari blog anda sendiri. Hal ini dapat dilakukan dengan sering melakukan blogwalking pada blog tetangga. Dengan melakukan riset, blog anda akan tampil lebih baik dari hari ke hari.

Terakhir.. Kelolalah blog anda dengan baik, seperti anda memelihara tanaman yang perlu disiram dan diberikan pupuk dan dirawat. Maka blog anda pun perlu dirawat, diposting dan di update secara trus menerus. Dengan menerapkan langkah-langkah diatas diharapkan blog anda akan terus hidup dan bukan tidak mungkin nantinya akan menghasilkan uang bagi anda.

salam sukses!

0 comments: