www.artikelweb.co.cc

Jumat, 07 November 2008

Ubah Pembeli Menjadi Pelanggan!


Dalam posting kali ini saya ingin membahas mengenai lima cara menjadikan pembeli produk anda menjadi pelanggan yang setia. Ya, pembeli berbeda dengan pelanggan. Pelanggan berarti pembeli setia. Setia disini bisa berarti setelah mereka membeli dan merasa puas terhadap produk anda, mereka tetap rajin mengunjungi situs web anda dan menantikan produk terbaru dari anda.

Nah berikut cara-cara menjadikan pelanggan anda tetap loyal :

1. Kunjungi pelanggan anda secara berkala
Jangan pernah putus komunikasi dengan para pembeli produk anda. Karena bagaimana pun dengan membeli produk anda berarti mereka menaruh kepercayaan yang tinggi terhadap anda. Karena itu sapa lah pelanggan atau member anda secara berkala. Anda dapat melakukannya dengan cara mengirim e-mail atau sms yang berisi informasi produk baru atau update produk anda. Atau anda dapat memberikan tips-tips sederhana yang dapat memberikan solusi untuk memecahkan masalah mereka.

2. Berikan mereka bonus-bonus lain di luar produk
Walaupun mereka sudah mendapatkan produk anda, mereka tetap menantikan bonus-bonus gratis di luar produk anda. Dengan memberi mereka e-book atau bonus lain yang sifatnya gratis maka mereka merasa sangat diperhatikan dan tetap setia terhadap produk anda.

3. Sediakan sarana komunikasi 2 arah
Sebagai penjual, tugas kita tidak selesai ketika barang yang kita jual sudah dibeli oleh pelanggan. Melainkan kita perlu meng-edukasi para pembeli produk kita. Apakah mereka sudah menerapkan apa yang kita ajarkan atau mereka punya kesulitan dalam menerapkan produk kita. Sarana komunikasi ini bisa berupa hotline 24 jam atau form kontak yang anda sediakan untuk pertanyaan dari pembeli produk anda. Saran saya anda harus dengan cepat merespons setiap pertanyaan atau tanggapan dari pembeli produk anda.

4. Berikan mereka penghargaan
Setiap orang ingin dihargai tak terkecuali dengan pembeli produk anda. Bentuk penghargaan yang dapat anda berikan misalnya memberikan ucapan selamat ulang tahun kepada para member anda atau menuliskan nama mereka pada blog anda, sehingga mereka merasa tersanjung dan merasa diperhatikan.

5. Jalin komunikasi antar member atau pelanggan anda
Komunikasi tidak harus antara anda dengan pelanggan tetapi juga antara sesama pelanggan anda. Sediakan forum bagi mereka yang sudah membeli produk anda dan biarkan mereka berbagi cerita tentang produk anda.

Nah, semoga cara-cara di atas dapat membantu meningkatkan penjualan produk anda. Atau anda punya ide lain? Silahkan mengisi komentar atau tanggapan atas artikel ini. Salam sukses!

8 comments:

Anonim mengatakan...

saya br aja ikutan MLM MELILEA (www.melilea.com) artikel anda diatas sangat membantu saya dalam memprospek calon pelanggan...

Anonim mengatakan...

tips yang bagus yang perlu ditekankan adalah afer sales service, apa yang harus kita lakukan untuk pembeli produk kita.
--Sam

Anonim mengatakan...

after sales service jga sngt mmbntu sekali... Bisa mmprbesar pmblian plnggan klo bsa dtrapkan

Anonim mengatakan...

Pelanggan akan loyal terhadap produk kita jika after sales services yang kita berikan sangat memuaskan mereka

salam sukses!

Arief Maulana mengatakan...

bener banget mas erick.
Bahkan ada 1 member saya yang beli SMUO, Blog Bisnis Internet, dan Onbuk

Anonim mengatakan...

lam kenal lagi mas erick...
mas tukeran link dong
Punyakku http://ownleaders.blogspot.com

Anonim mengatakan...

salam kenal nih mas erick...saya setuju dengan anda. kita jangan hanya jual dan selesai...tapi harus tetap terjalin komunikasi yang baik dgn pelanggan. pelanggan yang puas akan menjadi mesin promosi kita yang paling efektif. orang bilang "dari mulut ke mulut" lebih efektif. tapi hati2 bila citra kita jelek hasilnya juga akan jelek, betul ngak ? oh ya silahkan mampir di blog saya http://airmurniro.wordpress.com

Anonim mengatakan...

memang kuncinya ada di after sales service mas...
I agree with you..