www.artikelweb.co.cc

Jumat, 19 September 2008

Langkah Sederhana Mendapatkan Penghasilan Tambahan!


Judul di atas sering anda lihat bukan?Apakah anda seorang yang sering menggunakan internet? atau apakah anda hanya menggunakan internet di waktu luang?
Entah itu hanya sekedar membuka email, chatting, mengelola blog atau website atau.. hanya sekedar “menjelajah” situs-situs di “dunia maya” ?
Tapi mengapa anda tidak memanfaatkan waktu luang anda untuk mencari penghasilan tambahan melalui internet? Ada banyak cara mencari penghasilan tambahan di internet, nah salah satunya 3 cara dibawah ini yang saya rangkum dari berbagai sumber artikel di internet.

Berikut ini 3 cara mudah dan sederhana untuk memulai mencari penghasilan tambahan di internet :

1.Membangun blog
2. Mempromosikan blog anda
3.Mengikuti program periklanan


1. Membangun Blog

Blog atau sering pula disebut sebagai web blog adalah suatu jenis halaman web yang tersedia untuk umum tentang jurnal perorangan (atau juga dapat sebagai “buku harian online” yang dapat diakses lewat internet). Umumnya, blog berisi tulisan atau artikel-artikel yang ditulis oleh pemiliknya serta dikirim secara rutin., Blog sering kali juga digunakan oleh para ahli, praktisi, ilmuwan professional, maupun tokoh poitik untuk menyampaikan gagasan, pemikiran maupun pengetahuan yang mereka bagikan secara bebas untuk khalayak umum.

Lewat media blog ini, kita juga dapat memanfaatkannya untuk keperluan bisnis atau kegiatan usaha. Beragam macam cara dapat dilakukan untuk mengolah blog untuk bisnis/usaha, diantaranya adalah sbb:

Membuat blog berita/ artikel umum:
Blog berita adalah sebuah blog yang dibuat dengan tujuan untuk menyampaikan informasi berita baik berupa informasi berita actual berbagai peristiwa maupun berita berupa artikel-artikel informasi yang dibutuhkan masyarakat,semisal berita hiburan, artikel-artikel unik, artikel olah raga, informasi tentang kuliner, info wisata dll.

Untuk blog semacam ini, umumnya sang pemilik berperan sebagai wartawan, editor, serta penyampai suatu berita dalam bentuk tulisan artikel.

Pemilik blog yang aktif semestinya selalu mengirimkan artikel- artikel yang menarik untuk dapat dibaca oleh khalayak sehingga mampu menarik minat mereka untuk selalu mengakses blog miliknya secara rutin, baik sebagai sarana penyampai informasi berita segar maupun sebagai hiburan di waktu luang.

Membuat blog konsultasi online ataupun e learning ( kursus online) :
Bagi anda para professional , praktisi, atau ilmuwan, anda dapat pula membuat blog untuk membuka semacam konsultasi , seminar atau kursus secara online. Caranya adalah dengan membuat blog berisi artikel- artikel tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan bidang yang anda tekuni serta melengkapi blog anda dengan fitur-fitur interaktif sehingga pembaca dapat berkomunikasi langsung dengan anda secara cepat. Anda dapat tawarkan kepada pembaca anda utnuk bergabung dalam semacam forum diskusi lewat mailing list yang anda bangun sendiri, sehingga blog anda akan banyak diminati orang karena mereka akan dengan mudah dapat ber konsultasi tanpa harus keluar rumah
dan lelah terjebak kemacetan di jalan. Dengan ramainya pengunjung anda pun dapat menawarkan perusahaan perusahaan yang relevan dengan bidang anda untuk bersedia memasang iklan di blog anda, selain itu, anda pun dapat memungut biaya fee konsultasi bagi para pengunjung yang meminta jasa pelayanan secara khusus.

Membuat blog toko online :
Anda dapat membuat blog yang berfunsi sebagai “toko online”. Anda perlu untuk
mencari dan mengumpulkan berbagai macam produk yang dapat dijual, baik produk yang
bisa anda buat sendiri, maupun meminta produk orang lain untuk dapat anda jual.
Buatlah atikel tentang produk-produk tersebut berikut gambar-gambar yang jelas untuk
anda tawarkan kepada pengunjung Anda. Sertakan nama, alamat dan no telpon serta
email Anda untuk kontak pemesanan.

Membuat blog iklan / promosi :
Yaitu membuat blog yang menyediakan ruang artikel-artikel untuk keperluan iklan dan promosi. Promosikan blog iklan anda kepada pihak-pihak yang ingin mengiklankan produknya atau jasa melalui blog anda.

2. Memrpomosikan Blog Anda

Setelah membuat salah satu diatas maka tugas anda selanjutnya adalah mempromosikan blog anda. berbagai cara bisa anda lakukan antara lain: lakukan blogwalking atau secara rutin mengunjungi blog orang lain, berikan masukan dan komentar mengenai topik yang dibahas oleh blog tersebut.

Selain blogwalking, anda juga bisa mengikuti forum komunikasi yang ada di internet dan biasanya forum yang bertopik tidak jauh dari tema blog anda mis blog khusus bisnis online bisa bergabung dengan blognya mas jokosusilo.

Cara lain adalah mengiklankan blog anda secara online atau offline. Promosi secara online bisa dilakukan dengan mengiklankan blog anda di website atau blog orang lain maupun mengirimkan email ke beberapa teman anda. sedangkan promosi offline dilakukan dengan cara membuat stiker alamat web blog anda dan dibagikan atau ditempel di beberapa tempat.

3. Mengikuti Program periklanan

Di internet, saat ini banyak sekali situs-situs dari seluruh dunia yang menawarkan program meraih uang melalui program periklanan. Prinsip kerja program periklanan ini yaitu membuat suatu situs/ website yang dirancang sedemikian rupa yang mampu mendistribusikan/ menyebarkan iklan ke sebanyak mungkin jaringan pemasang iklan.

Dengan demikian website mampu menawarkan ke sebanyak mungkin para pemilik situs agar bersedia menempelkan iklan yang terdaftar di situs program periklanan dengan imbalan komisi berupa uang. Umumnya para pemilik situs dari seluruh dunia sangat antusias dengan situs program periklanan ini..sehingga mereka bersedia mendaftarkan situs mereka secara gratis agar mereka memperoleh kesempatan menempelkan iklan situs program periklanan tersebut ke situs mereka dengan harapan mendapatkan imbalan.

Salah satu contoh program iklan terpopuler dan ter percaya dunia adalah: Google adsense (http://adsense.google.com)

Program periklanan milik GOOGLE.COM ini merupakan program periklanan yang paling banyak diminati oleh para pemilik situs di seluruh dunia, karena sifat pendaftarannya yang GRATIS , pembayaran yang terpercaya, serta karena reputasi kepopuleran Google yang mendunia. contoh dari aplikasi google adsense ini seperti kotak pencarian yang ada di kolom blog sebelah kanan saya.

sumber :berbagai artikel di internet

3 comments:

Anonim mengatakan...

good.. nice post bro... :D ni sngta brmnfaat... btw bro, ada PR no di blog gw.. krjain yak

Arief Maulana mengatakan...

Nice Post.
Oh ya bout cover ebook, saya dapet sebagai bonus waktu beli produk di www.PenulisBestSeller.co.cc

Ada ebook baru lagi mas, silahkan kalo mau download!

Anonim mengatakan...

Betul-betul langkah yang simpel. Salam ACTION!