www.artikelweb.co.cc

Kamis, 09 Oktober 2008

5 Karakter Konsumen Online Indonesia!


Halo rekan netter sekalian..posting setelah lebaran kembali dimulai. Kali ini saya mau membahas mengenai 5 karakter konsumen online di Indonesia. Mengapa 5? Jawabanya karena artikel ini saya tulis berdasarkan pengalaman dan pengamatan saya dari berbagai sumber atau artikel di internet maupun dari majalah. Jadi setelah membaca artikel ini, Anda mao menambahkan atau ada masukan lain mengenai kelima karakter konsumen di bawah ini silahkan saja..

Nah berikut kelima karakter atau sifat dari konsumen online Indonesia...selamat membaca.

1.Yang pertama yaitu Tidak Mudah Percaya, konsumen online Indonesia masih menganut prinsip bahwa membeli barang atau jasa ya..harus bisa dilihat, dipegang dan dibolak-balik sehingga barang yang dibeli bisa dilihat secara langsung atau riil. Hal ini memang sangat merekat di benak konsumen online.
Sehingga para konsumen sering kali tidak mudah percaya dalam memutuskan membeli barang secara online. Para calon konsumen online biasanya membeli setelah mencari tahu informasi dari beberapa sumber mengenai produk yang akan dibeli. Maka tak heran kalau biasanya calon pembeli memutuskan untuk membeli produk anda setelah mengunjungi web atau toko online anda lebih dari 5 kali bahkan bisa lebih dari pada itu. Pengalaman saya waktu membeli SMOUnya pak joko setelah 3 bulan saya mengamati dan mencari produk tersebut.

2.Suka hal-hal yang Gratisan, nah mungkin hal ini juga sering dijadikan strategi promosi oleh para internet marketer. Mereka sering menawarkan hal-hal yang sifatnya gratis yang bisa diakses secara langsung oleh para calon pembelinya. Memang tidak dapat dipungkiri para pencari informasi di internet sangat menyukai hal-hal yang berbau gratisan.

3.Sensitif Terhadap Harga, para konsumen online di Indonesia biasanya juga sangat sensitif terhadap harga. Mereka lebih cenderung memilih barang atau jasa dengan harga yang lebih murah. Sangat jarang konsumen yang lebih mementingkan kualitas produk. Karena itu bagi anda yang ingin menjual produk secara online, usahakan agar harga anda adalah harga yang bersaing dan memang sesuai dengan kualitas dari produk anda.

4.Mengandalkan Word of Mouth, seperti artikel yang ditulis pak joko yang mengatakan ”orang lebih percaya apa kata teman dibanding apa kata iklan” memang benar adanya. Para konsumen Indonesia masih sangat percaya dan mengandalkan apa kata teman dalam memutuskan membeli sesuatu barang. Makanya bagi anda yang ingin memasarkan suatu produk, sangat baik jika anda memberikan kualitas produk dan membangun network yang kuat melalui blog sehingga produk anda bisa laku keras di pasaran.

5.Sangat menyukai Potongan Harga atau diskon, Jangan heran kalo setiap lebaran atau hari raya lain banyak konsumen yang rela menghabiskan banyak uangnya untuk membeli barang2 kebutuhan ataupun sekadar untuk memuaskan keinginan belanjanya. Hal ini dikarenakan pada hari raya banyak toko2 yang memberikan diskon yang besar. Karena itu bagi anda yang ingin menjual produk berikanlah diskon atau potongan yang menarik bagi calon pembeli. Atau anda dapat pula memberikan bonus2 atau paket hemat menarik lainnya yang memancing calom pembeli membeli produk anda.

Nah..itulah kurang lebih sifat konsumen online ataupun sifat konsumen Indonesia pada umumnya. Hal-hal diatas berdasarkan pandangan saya atau anda mau menambahkan kelima hal diatas? Silahkan masukan atau komentar atas artikel di atas. Salam sukses!

7 comments:

Anonim mengatakan...

Mas Erick, ini sungguh artikel yang bermanfaat. Salam ACTION!

Arief Maulana mengatakan...

Wow... bagus neeh mas buat referensi rekan-rekan pebisnis online yang baru...

Anonim mengatakan...

thanks mas joko dan mas arief atas kunjungannya.

Anonim mengatakan...

Konsumen Indonesia gampang2 susah ya?

Mas, sorry nih. Mau inform jg klo blog ini kebagian jatah award. He..he.. moga2 bisa diterima.

Baca di sini ya. Klo ngrepotin, tlg kasih tau saya aja. Ntar biar sy ganti.

Tengkyu... :D

Agus mengatakan...

Artikel yang bagus, mas Erick...
bisa jadi bahan referensi bagi saya yang newbie di bidang internet marketer.
kasih comment juga di blog saya ya mas. Terima kasih. Salam Action untuk Pak Joko dan semua member SMUO.
www.AgusSiswoyo.Blogspot.com

gala-aksi mengatakan...

wajar aja kog..., masyarakat jaringan di INdonesia kan baru terbentuk. Yang melek on-line jg baru sepersekian dari jumlah populasi total.
Jadi masih tahap adaptasi. Agak telat nimbrung internet. tapi perlahan fenomena itu jg akan beralih. Tinggal kita sbg aktivist virtual yg ikut berperan. Percepatan kembali pd usaha masing-2 bmain di pangsa terkait.

memulai bisnis internet mengatakan...

atikel yg membantu sekali 'memahami' bagaimana 'karakter' konsumen online 'sebenarnya'..mantap!!