www.artikelweb.co.cc

Jumat, 03 April 2009

Perencanaan Keuangan Yang Baik = Awal Sebuah Kesuksesan!


Halo rekan netter..sudah lama tidak berjumpa. Kurang lebih hampir 3 bulan tidak ada posting baru di blog ini. Setelah menyibukkan diri dengan berbagai urusan tesis, akhirnya selesai juga dan dapat lulus tepat waktu. Terima kasih kepada teman-temanku yang sudah mendoakan. Kini saya mau menyapa teman2 sesama blogger. Sudah kangen rasanya..ingin menulis kembali. Dalam posting kali ini saya ingin membahas mengenai perencanaan keuangan yang matang sedari muda.

Jika anda sekarang sedang bekerja entah itu sebagai karyawan, businessman, self employee ataupun sebagai investor, mulailah merencanakan keuangan anda sedini mungkin. Sangat baik bagi anda yang berusia antara 23-30 tahun dan sedang bekerja, anda dapat memulai memikirkan seperti apa dan bagaimana anda ingin hidup 10 atau 20 tahun mendatang?

Banyak anak muda sekarang termasuk saya mempunyai banyak cita-cita. Saya kagum terhadap mas Arief yang sedari muda sudah mencanangkan dengan jelas cita-citanya yaitu passive income sebelum umur 40 tahun. Sangat luar biasa! Saya banyak belajar dari anda mas Arief, khususnya komitmen dan sasaran anda dalam meraih semua impian anda.

Setiap orang termasuk saya pasti mempunyai impian dan cita-cita. Namun seringkali kita tidak melakukan apa-apa atau kurang matang dalam merencanakan apa yang kita cita-citakan. Seringkali terlena oleh apa yang kita dapat sekarang dan cenderung bersifat konsumtif. Saya membaca di majalah SWA dan betapa kagetnya melihat hasil survey yang dilakukan oleh majalah tersebut. Berikut hasilnya :

80 % Eksekutif Terancam Miskin Di Hari Tua “ Mereka konsumtif. Besar Pasak daripada Tiang dan tak siap di hari tua. Ah, jangan-jangan anda juga? Bagaimana tetap kaya di masa pensiun?”

Tentu anda tidak ingin di masa tua anda mengalami hal seperti di atas bukan. Karena di masa pensiun (usia 55-65 thn) tentunya lebih enak diisi oleh aktivatas kegemaran atau hobi anda bukan? Dan pastinya tidak menggangu kocek dan tabungan anda atau merepotkan anak anda hanya untuk meminta uang guna memenuhi kebutuhan hobi anda. Ya..kuncinya adalah perencanaan keuangan yang baik sedini mungkin. Dengan perencanaan keuangan yang matang maka anda akan terhindar dari hal-hal menakutkan di atas. Maka tidak heran kalo penghasilan seorang financial planner sangat tinggi.

Merencanakan keuangan sebaiknya dimulai dari sejak kuliah atau pada saat kita mulai bekerja. Penghasilan yang kita dapat sebaiknya tidak dihabiskan seluruhnya untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan kita. Tabunglah sejumlah uang yang anda anggarkan untuk masa depan. Biasanya kisaran 20-30% dari total penghasilan yang anda terima. Ingat! Sisihkan terlebih dahulu baru setelah itu anda gunakan sisanya. bukan sebaliknya loh! soalnya kebanyakan kita melakukan hal sebaliknya.

Bagi sebagian orang, menabung adalah untuk mencapai impian atau cita-cita di masa depan. Atau ada juga untuk berjaga-jaga dari kebutuhan mendesak seperti sakit, kecelakaan dan lain-lain. Risiko-risiko seperti sakit , kecelakaan dan lain-lain yang tidak dapat terhindarkan sering memupuskan impian kita. Berapa banyak tabungan yang terkuras ketika kita sakit dan harus dirawat di rumah sakit. Tentunya ini semua harus dicegah dengan perencanaan keuangan yang baik bagi kita dan keluarga tentunya.

Nah, kira-kira standar hidup seperti apa yang ingin anda capai ketika masa pensiun? Apakah anda sudah merencanakan keuangan keluarga anda dengan baik? Apakah perencanaan keuangan hanya sekadar menabung dari sekarang?atau lebih dari itu? Nantikan posting saya selanjutnya..trims.


6 comments:

ARIEF MAULANA mengatakan...

1st. COngrats mas uda lulus tesisnya
2nd. saya setuju. Perencnaan keuangan untuk nanti di hari tua seharusnya sudah dilakukan sejak lulus kuliah.

Apalagi setelah baca buku seri perencanaan keuangannya SAFIR SENDUK soal mempersiapkan pensiun di haru tua...

salam sukses
welcome back to blogsphere

erickgw mengatakan...

thanks mas arief..

www.katobengke.com mengatakan...

bagus bangat nih tulisan...
kebetulan bisa dibilang sangat boros......
makasih atas informasinya......

Anonim mengatakan...

sebuah postingan yang menarik......
kayak kita ikut seminar....
mantap sekali .......

Do What You Love and Love What You Do mengatakan...

hasil dari survei limra( life insurannce marketing research association ) mengatakan dari 100 org yg disurvei di usia 25thn, dan 40 thn kemudian menjadi 65 thn. dari 100 orang tsb 49 org mengandalkan anak, 30 meninggal,15 org masih hrus bekerja, 5 org yg memiliki keuangan mndiri, 1 org yang kaya.saya setuju dengan bapak.

bed cover murah mengatakan...

thank you very helpful and really good info